Monday, August 23, 2010

Parodi A Good Life

Pesan pertama : ketika kita beribadah dengan hidup yang sembarang dijalani, kita sendiri tidak mengalami apa-apa. Sebaliknya, ibadah yang kita lakukan dengan hati yang siap, akan membuat kita menikmati ibadah yang mengubahkan hidup


Pesan kedua :
Seseorang : tahukah anda apa yang saya dengar tentang teman Anda?

Socrates : sebelum Anda menceritakan apapun kepada saya,saya akan memberikan suatu tes sederhana, triple filter tes

Seseorang : triple filter test ?

Socrates : benar. Sebelum kita membicarakan tentang teman saya, saya kira bagus kalau kita mengambil waktu beberapa saat, dan menyaring apa yang akan Anda katakan. Filter yang pertama adalah kebenaran, Apakah anda yakin sepenuhnya bahwa yang anda katakan itu benat ?

Seseorang : tidak, sebenarnya saya hanya mendengar tentang hal itu

Socrates : Baik. Jadi anda tidak yakin bahwa hal itu tidak benar. Baiklah, sekarang saya akan berikan filter kedua, filter kebaikan. Apakah anda yakin sepenuhnya bahwa yang akan Anda katakan itu baik ?

Seseorang : Tidak. Malah sebaliknya.

Socrates : jadi anda akan berbicara tentang sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi Anda tidak yakin bahwa itu benar. Tapi anda masih memiliki satu kesempatan lagi karena masih ada satu filter lagi, filter kegunaan. Apakah yang akan Amnda bicarakan tentang teman saya akan berguna bagi saya ?

Seseorang : tidak. Sama sekali tidak.

Socrates : Jadi kalau Anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar, buruk dan bahkan tidak berguna, mengapa Anda harus mengatakannya kepada saya ?

--Samuel Mulia, Kompas hari Minggu kemarin

No comments:

Post a Comment